Selasa, 13 Maret 2012

Alasan Salah Berwirausaha.....

Apa sih alasan banyak orang berwirausaha? Kebanyakan sih bilang :
  1. Ingin dapat uang lebih banyak
  2. Ingin membantu banyak orang
  3. Memang dari lingkungan pengusaha
  4. Ingin punya waktu yang bisa diatur sesuai kebutuhan
  5. Bosan jadi pegawai
  6. Bosan disuruh-suruh atasan
Wait a minute.... kalau point ke 5 sih masih bisa diterima, bahkan sudah dijadikan judul program televisi. Tapi bagaimana dg point ke 6 ? BOSAN DISURUH-SURUH ATASAN. Jangan salah, ada beneran lho BEBERAPA orang yang aku tanya motivasi mengapa mereka belajar berwirausaha saat status mereka masih menjadi karyawan jawabnya gitu. Dan entah mengapa, beberapa orang yang jawab gitu kebanyakan memang bermasalah di pekerjaannya. Entah yang kinerjanya buruk, ataupun kepribadiannya yang memang kurang bagus.
Prens... apapun alasan kalian berwirausaha adalah bagus, asal berwirausaha jangan dijadikan alasan untuk lari dari tanggung jawab sebagai karyawan. Tahukah kalian, saat kalian memutuskan mencari sesuap nasi dari berwirausaha, kalian sudah mendapatkan atasan yang jauuuuhhh lebih kejam dari atasan kalian sekarang, yaitu PELANGGAN. Serius!
Saat atasan kalian dengan kejamnya memarahi kalian, dia tidak serta merta memecat dan kalian pun masih digaji berikut kesalahan-kesalahan kalian yang berenteng. Tapi saat kalian berhadapan dengan atasan kalian yang baru, yaitu pelanggan, dia tidak hanya berhak untuk marah saat pelayanan kita nggak bagus, tapi juga meninggalkan kita berikut menyebarkan keburukan kita ke banyak orang. Trus siapa yang akan ngegaji kita? Siapa yang mau kasih makan kita?
Seorang karyawan yang tidak dapat menjaga harmoni dengan atasan, rekan kerja, bahkan perusahaan, adalah seorang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab dan ikut memiliki. Orang yang seperti ini tidak bermental wirausaha dan saat dia menjalankan usaha akan sulit bersinergi dengan pihak-pihak yang seharusnya bisa membuat dia menjadi besar dengan bisnisnya.
Prens, sekali lagi... berwirausaha bukanlah suatu pelarian hanya karena tidak cocok dengan atasan atau sulit bekerjasama dengan orang lain. Berwirausahalah karena alasan yang tepat dan mulia. Sebarkan kemakmuran bagi banyak orang, bahagiakan banyak orang, dan muliakan diri sendiri, keluarga, dan banyak orang.
So... carilah alasan yang tepat untuk berwirausaha. Mugi barokah.....
-didicahya-



Tidak ada komentar: