Jumat, 21 Desember 2007

Jalan Panjang Meraih Cita-cita -part one-

OK deh….kalau sebelumnya aku cerita tentang bagaimana tergantungnya aku dengan radio, sekarang waktunya aku cerita gimana sampai akhirnya aku terdampar di dunia ngoceh-mengoceh ini.

Jadi gini nih ceritanya….

Saking seringnya menang kuis radio, yang otomatis itu bikin aku harus sering ngambil hadiah ke radio-radio itu, aku jadi kepingin kerja di radio. Tapi waktu itu aku nge-blank mesti mulai dari mana, sekolahnya apa, blas ndak tau. Pas mau kelulusan SMA aku juga bingung, mau kuliah apa di mana. Prinsipku memilih kuliah waktu itu adalah; pokoknya nggak ada hitung2an sama hapalan! Kuliah hukum, nggak sanggup hapalannya. Kuliah akuntansi, frustasi ama hitung2annya. Yang paling aman waktu itu ya milih Hubungan Internasional, secara bahasa Inggrisku dulu nggak sehancur sekarang. Nah, pilihan keduanya itu yang bingung. Akhirnya Nyokap nyaranin aku ngambil Jurusan Komunikasi soalnya pas SMP aku udah mulai nulis dan dimuat di majalah nasional (Gadis). Haaah…??? Komunikasi??? Kuliahnya ngapain aja, trus kalo lulus mau jadi apa? Blas nggak ada bayangan. Tapi pas tahu di Komunikasi nggak ada hitung2an sama hapalan ini-itu, keceburlah aku di situ.

Sampai akhirnya aku keterima di Fisip Undip Jurusan Komunikasi, dan sampai hari pertama aku kuliah, aku MASIH BELUM TAHU KULIAH DI KOMUNIKASI ITU NGAPAIN DAN BAKAL JADI APA!!! Swear. Nggak ada bayangan. Emang apa hubungannya Komunikasi ama nulis, kok Nyokap nyuruh aku masuk Komunikasi?? Buta, jek!

Tapi pas lama2 kuliah, akhirnya aku ngeh juga bahwa ternyata Nyokap nggak salah ngarahin aku masuk komunikasi. Waktu itu –masih zaman OrBa- penjurusan di komunikasi ada 3; Penerangan, HuMas, ama Jurnalistik. Jelas dong aku nggak milih Penerangan, secara aku nggak ada niat jadi JuPen :D. HuMas juga nggak aku lirik. Alasannya simple, AKU NGGAK CAKEP. Secara image HuMas waktu itu harus cakep setinggi langit. Terpaksa lah aku pilih jurnalistik. Dan lagi2 pilihanku nggak salah, karena ternyata aku suka menulis (meski benci banget kalau disuruh hunting berita sendirian!).

Waktu itu aku mulai sering tandem ama Uniq untuk nulis ama motret. Sering uang pemuatan tulisan/foto aku putar lagi untuk beli tiket pertunjukan yang ujung2nya bakal jadi tulisan atau foto yang dikirim2 lagi. Maklum, waktu itu kalau mau ngeliput sesuatu nggak kayak sekarang. Sekarang sih tinggal ngomong aja mau interview, dari mana kek, langsung aja bisa wawancara. Kalau dulu…beuh….mesti cari 1001 alasan, soalnya kalau nggak punya kartu PWI itu berarti bukan wartawan. Dan kalau bukan wartawan berarti nggak bisa cari berita. Naseeebbb……

Apakah keasyikanku menulis dan hunting berita menyurutkan keinginanku untuk jadi penyiar radio? Ternyata enggak. Aku masih pengin jadi penyiar, meski belum tahu mesti mulai dari mana. Sampai akhirnya di Undip ada radio kampus, kembali muncul keinginanku untuk ‘tampil’. Mulus? Enggak! Aku itu orangnya nggak pede-an. Pas aku ngelihat siapa aja yang gabung di radio kampus, sontak aku mundur.

Tapi sebenarnya hati lumayan panas, nggak legawa pas mundur sebelum bertarung. A BIG LOOSER dah pokoknya. Apalagi beberapa teman seangkatan sudah ada yang jadi penyiar. Apa boleh buat, rasa minder lebih kuat daripada pede. Tapi waktu itu aku rada2 terhibur karena ‘dekat’ dengan cowok yang notabene penyiar radio kampus. Meski nggak jadi penyiar, dekat dengan penyiar bisa membuat aku merasa ‘sudah’ masuk ke dunia siaran.

Meski ngerasa nggak pede untuk terjun ke radio kampus, aku pede2 aja ngelamar ke radio siaran swasta di Semarang. Aku mulai ngirim surat2 lamaran untuk jadi penyiar. Radio mana lagi yang dituju kalau bukan GajahMada sama Imelda. Masalahnya… ngelamar di 2 radio itu, dua2nya dipanggil dan dua2nya ber-ending nyesek. Nyesek part one, pas dipanggil Imelda itu aku lagi ada di Jepara, KKN. Tau sendiri kan KKN jaman dulu, jauh dari koran dan lain2. Jadilah aku tes wawancara seperti berangkat perang tanpa senjata. Pertanyaan yang paling menjatuhkan di Imelda pas aku ditanya tanggapanku mengenai terpilihnya Alya Rohali sebagai Puteri Indonesia yang itu berarti dia ngantongin tiket untuk berangkat ke Miss Universe. Mampuss!!!!! Aku blas nggak ngikutin event pemilihan itu plus pro-kontranya. Pasti, jawaban plus mukaku waktu itu tolol banget! Bye2 Imelda……

Nyesek part two pas aku dipanggil GajahMada. Tes2nya sih nggak nyesek. Yang bikin nyesek itu adalah hasilnya. Waktu itu yang ikut tes mendapatkan surat pemberitahuan. Aku mengikuti periode tes yang sama dengan mantanku. Nah, pas surat pemberitahuan itu nyampe di kost2an, mantanku pas juga datang dan memberitahu kalau dia juga mendapatkan surat pemberitahuan. Yang membedakan adalaaaahhh….. dia keterima dan aku ENGGAK!!!! Nyeseeeekkk….!!!

Aku marah banget waktu itu. Saking marahnya, aku sampai males banget ngomong ama dia. Nggak rela aja ngedengerin suara dia di radio. But life must go on.... Aku yang nggak keterima di radio mana pun harus menerima kenyataan bahwa akhirnya mantanku itu jadi penyiar kondang di Semarang.

Apakah akhirnya cerita berhenti di sini begitu aja? Ya enggak laaaahh.....
Ceritanya masih panjang. Tunggu aja....ntar aku sambung lagi .... :D

2 komentar:

@taufand mengatakan...

wah bagian ini aku agak ketinggalan jeng. asli baru ngerti sekarang....

DiaryPenyiarDodol mengatakan...

Mosok seeeeehhhh......... Wah...berarti sampeyan gak patiyo kenal aku yooo :D