Kamis, 07 Februari 2013

Bertanggungjawablah 100% dalam Kehidupanmu



Ini sebenarnya materi siaran Thank God Tomorrow is Friday di 88.9 @smartfm_sby untuk edisi hari ini, Kamis, 7 Februari 2013. Aku pengen bagikan materi ini karena memang ‘nyentil’ banget. Sangat pas dengan kondisi kebanyakan orang saat ini, termasuk aku, yang sering menyalahkan faktor external daripada internal atas kegagalan yang dihadapi.
Hasil riset ilmiah menyatakan bahwa 99% dari semua kegagalan berasal dari orang-orang yang punya kebiasaan berdalih. Bahasa Perancisnya kakehan alesan…!!! Selain kebanyakan berdalih, orang-orang gagal biasanya kebanyakan mengeluh (and I’m the one of them *sigh*). Hati-hati lho, mengeluh ini nggak semata-mata sering curhat, tapi bisa juga dengan bercerita terus-menerus tentang masalah yang dihadapi. Akan lebih baik jika kita menyukuri apa pun yang kita punya, termasuk masalah yang sedang kita hadapi, sehingga kita punya kekuatan dan kepercayaan diri untuk mengatasinya. Dengan banyak bersyukur, energy akan menjadi positif sehingga pikiran akan lebih terbuka, nikmat-nikmat akan ditambah, dan ujung-ujungnya kita akan dikayakan Allah SWT. Subhanallah. Ada lagi yang sering jadi kambing hitam jika kita gagal. Kita terlalu banyak menyalahkan, lingkungan, kehidupan, dan orang lain, tapi kita nggak juga keluar dari lingkaran setan itu. Mbuleeeet ae
So, kalau mau berhasil harus berani bertanggung jawab 100% dalam kehidupanmu. Rumusnya sederhana : PERISTIWA + REAKSI = HASIL. Maksudnya begini, PERISTIWA itu adalah kejadian yang sering kali ada di luar kendali kita, dengan kata lain kita bisa kena imbasnya. Nah, kalau kita beREAKSI positif, maka hasilnya juga positif. Sementara kalau REAKSI kita negatif, hasilnya ya negatif. Jadi bukanlah PERISTIWA itu yang mempengaruhi hasil yang kita inginkan, melainkan REAKSI yang akan menentukan hasil yang kita peroleh.
So, masih mau menyalahkan kejadian, atau orang, atau pihak lain atas kegagalan kita? Berhentilah sejenak, tarik nafas dalam, merenunglah, siapa tahu Andalah penyebab kegagalan selama ini. Lalu bangkit dan temukan solusinya….

                Matur nuwun sanget nggih Ustadz @Faqihsmart

Tidak ada komentar: